KOORDINASI SISTEM SURVEILANS SENTINEL ARBOVIROSIS (S3A) DI PROVINSI NTB
95

Selasa, 13 April 2021
Mataram – Untuk memperkokoh pelaksanaan kegiatan Sistem Sentinel Surveilans Arbovirosis (S3A) di wilayah layanan, pada 08 April 2021 diselenggarakan koordinasi kegiatan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat dan jajarannya. Pertemuan koordinasi diikuti oleh Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kota Mataram, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, beserta sentinel site atau lokasi pengumpulan spesimen S3A. Sentinel site terdiri dari tiga (3) puskesmas untuk S3D (PKM Selaparang, PKM Tanjungkarang, PKM Gerung) dan 1 RS yang menjadi sentinel JE (RSUD Provinsi NTB).
Pertemuan untuk melakukan penyegaran kembali terkait pelaksanaan kegiatan, penentuan suspek, teknik pengambilan sampel, dan cara pengiriman sampel ke BBTKLPP Surabaya secara benar dan aman. Adapun kebutuhan logistik pendukung kegiatan S3A disediakan BBTKLPP Surabaya.
Pertemuan menyepakati pengaktifan kembali kegiatan, setelah tahun sebelumnya sempat terkendala akibat prioritas  penanganan COVID-19. Kesepakatan juga berupa pengiriman spesimen selama periode April – November 2021 sebanyak dua (2) kali. Puskesmas lokasi kegiatan akan menyediakan lemari pendingin yang memenuhi syarat dan melakukan pengiriman ke BBTKLPP Surabaya. Komunikasi secara intensif melalui grup aplikasi percakapan khusus. Hal ini untuk memudahkan konsultasi dan diskusi berkaitan dengan pelaksanaan teknis S3A di Provinsi NTB.
Sistem Surveilans Sentinel Arbovirosis (S3A) merupakan program surveilans berbasis laboratorium untuk pemeriksaan serotype virus Dengue. S3A yang dilaksanakan  yaitu Dengue dan Japanese Ensephalitis (JE). S3A merupakan model pengembangan dari Sistem Surveilans Sentinel Dengue (S3D) dan Sistem Surveilans Sentinel Japanese Encephalitis (S3JE). Program ini melibatkan seluruh B/BTKLPP di Indoneia sebagai laboratorium pemeriksa spesimen dengan Laboratorium PBTDK Balitbangkes sebagai laboratorium pelaksanaan kendali mutu (Quality Control). Pengembangan S3A meliputi pengembangan jumlah sentinel dan jenis virus yang diperiksa. Jika sebelumnya hanya virus dengue, kini pemeriksaan meliputi virus Chikungunya, virus Zika dan arbovirosis lainnya

 

KOORDINASI-SISTEM-SURVEILANS-SENTINEL-ARBOVIROSIS-S3-A-DI-PROVINSI-NTB-bingkai-2

 

KOORDINASI-SISTEM-SURVEILANS-SENTINEL-ARBOVIROSIS-S3-A-DI-PROVINSI-NTB-bingkai-3

 


Kontributor: Hari Gunawan dan Retnoningsih
Editor: Lestyawan Satotto

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.139.152
: Indonesia