RAPAT KOORDINASI B/BTKLPP SE-INDONESIA
147

Surabaya – Koordinasi dan jejaring kerja yang baik antar 10 B/BTKLPP Se-Indonesia perlu terus ditingkatkan. Setelah penerbitan PMK Nomor 78 tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja UPT di Bidang Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit, tuntutan penyederhanaan organisasi, dan NSPK pendukung lainnya, pelaksanaan tugas pokok dan fungsi B/BTKLPP se-Indonesia perlu ditata dan distandarisasi. Hal ini dapat memberi kontribusi data nasional yang bermakna. Terlebih di era pandemi COVID-19, peran B/BTKLPP di Indonesia makin diperhitungkan sebagai laboratorium pemeriksa COVID-19 yang juga memiliki fungsi surveilans. Untuk itu, pada 17 – 18 Maret 2021, diselenggarakan Rapat Koordinasi Nasional B/BTKLPP Se Indonesia.
Sepuluh B/BTKLPP di Indonesia, mulai dari Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Banjarbaru,  Makassar, Manado, dan Ambon berkumpul dan membahas berbagai agenda penting. Rapat yang diselenggarakan secara daring dan luring tersebut membahas alur pengelolaan kegiatan; tinjauan pelakanaan Keputusan Dirjen P2P Nomor 3130 Tahun 2019 tentang standarisasi Instalasi, SDM, dan Peralatan; standarisasi metodologi kegiatan, dan Surveilans  Nasional B/BTKLPP Tahun 2022.
Plt. Dirjen P2P, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, dalam arahannya menggarisbawahi pentingnya standarisasi termasuk sumber daya manusia. Plt Dirjen P2P mengapresiasi inisiatif B/BTKLPP dalam penyelenggaraan pertemuan. Beliau berharap pertemuan dapat menghasilkan usulan-usulan untuk segera dilaporkan serta melakukan penguatan surveilasn berbasis laboratorium. “Saya minta sepuluh BTKL memiliki jejarimg yang kuat. Penguatan jejaring surveilans berbasis laboratorium sampau kabupaten/kota,” tegas Plt. Dirjen P2P pada arahannya. Oleh karena itu diharapkan dapat disulkan kebutuhan SDM seperti apa dan dibuat perenacanannya. Termasuk juga berbagai kebutuhan pembinaan secara teknis.
Pertemuan dua hari tersebut membuahkan beberapa kesepakatan bersama terkait usulan penyederhanaan organisasi, kebutuhan instalasi dan SDM. Pengaturan kembali terkait tugas koordinator dan sub koordinator. Serta disepakati adanya pertemuan lanjutan dan diskusi kelompok kecil untuk lebih mematangkan kesepakatan bersama.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.139.152
: Indonesia