SURVEY PREVALENSI CACINGAN DI KABUPATEN LAMONGAN
438

Lamongan – Sebagai tahapan lanjutan kegiatan surveilans cacingan di Kabupaten Lamongan, pada 15 – 19 Maret 2021, Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Lamongan melakukan survei prevalensi cacingan. BBTKLPP Surabaya turut melakukan pendampingan kegiatan. Survei dilakukan di 30 SD dan MI yang ada di 13 wilayah Puskesmas di Kabupaten Lamongan. Responden merupakan anak sekolah dasar dan/atau madrasah ibtidaiyah kelas 3, 4, dan 5 di masing – masing sekolah. Target sampel sebanyak  21 per sekolah. Terbagi dalam tujuh sampel per kelas yang diambil secara random.
Tujuan survei untuk mengetahui prevalensi cacingan dan faktor risiko cacingan pada anak usia sekolah, mengetahui gambaran antropometri, dan mengetahui spesies serta kepadatan telur cacing melalui metode Kato-Katz.
Survei diawali dengan kordinasi ke seluruh sekolah dasar sasaran. Koordinasi diikuti kepala sekolah, guru UKS, pengelola program Puskesmas. Koordinasi penting untuk memastikan kesiapan sekolah sebagai sekolah sasaran, mengingat pemilihan sekolah dan madrasaha intidaiyah dilakukan secara random.
Koordinasi dilanjutkan dengan promosi kesehatan untuk memberikan gambaran kepada para siswa tentang penyakit cacingan dan perilaku hidup sehat untuk mencegahnya.
Kemudian dilakukan pengukuran antropometri pada para responden. Mereka lalu diminta mengisi kuisioner untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap penyakit cacingan. Para responden diminta membawa pot penampung sampel feses untuk diperiksa esok harinya. Sampel diperiksa oleh petugas daerah untuk mengetahui jenis cacing dan kepadatan telurnya.
Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan OJT yang diselenggarakan pada minggu sebelumnya. Setelah survey, tahapan kajian prevalensi cacingan pada anak usia sekolah dasar ini dilanjutkan dengan analisis, penyusunan laporan, dan diseminasi kegiatan.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

 

bingkai-SURVEY-PREVALENSI-CACINGAN-DI-KABUPATEN-LAMONGAN-3

bingkai-SURVEY-PREVALENSI-CACINGAN-DI-KABUPATEN-LAMONGAN-4

bingkai-SURVEY-PREVALENSI-CACINGAN-DI-KABUPATEN-LAMONGAN-2

 

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.204.31
: Indonesia