PELAYANAN LABORATORIUM BERGERAK SURVEILANS BANTU TINGKATKAN KAPASITAS TESTING COVID-19 DI NTT
168

Kupang – Peningkatan kasus COVID-19 namun belum dibarengi peningkatan jumlah kapasitas pemeriksaan laboratorium RT-PCR di Provinsi NTT, membuat Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI melalui BBTKLPP Surabaya melakukan langkah-langkah strategis. Salah satunya dengan menempatkan Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans yang berada di BBTKLPP Surabaya menuju Provinsi NTT. Diharapkan mobil surveilans bergerak ini dapat memberikan pelayanan laboratorium dan meningkatkan jumlah pemeriksaan spesimen COVID-19 di Provinsi NTT.
Mobil Laboratorium  Bergerak Surveilans tipe Predator ini diperuntukkan sebagai Laboratorium Surveilans Penyakit Menular. Selain COVID-19, juga mampu memeriksa  TBC dan penyakit menular lain. Berlayar dari Surabaya menuju Kupang pada Jumat (12/02) melalui jalur laut. Mobil bergerak diarahkan  RSJ Naimata Kupang, lokasi penempatan mobil laboratorium bergerak surveilans ini, pada Selasa (16/02).
Peluncuran operasionalisasi Laboratorium Surveilans Bergerak di NTT dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur NTT, Josef Adrianus Nae Soi pada Rabu (17/02) di UPTD RSJ Naimata Kupang. Peluncuran ini secara resmi menandai dimulainya pemeriksaan RT-PCR melalui mobil laboratorium bergerak dari BBTKLPP Surabaya di Provinsi NTT. Acara turut dihadiri oleh Kepala DPRD Provinsi NTT, Emelia Julia Nomleni Kepala Dinas Kesehatan NTT, dr. Mese Ataupah, Kepala Satuan Pol PP Cornelis Wadu, dan Kepala BBTKLPP Surabaya, DR. Rosidi Roslan.
Plt. Dirjen P2P, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS, turut memberikan arahan pada peluncuran layanan laboratorium bergerak secara virtual. Dalam arahannya, Dirjen P2P berharap keberadaan mobil laboratorium bergerak surveilans dapat membantu Provinsi NTT dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.
Adapun Wakil Gubernur dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada jajaran Kementerian Kesehatan yang telah memenuhi permintaan provinsi yang dipimpinnya. Beliau berharap mobil ini dapat dimanfaatkan dan membantu meningkatkan kapasitas pemeriksaan COVID-19 dan penyakit lainnya yang masih menjadi masalah kesehatan di NTT.
Pada acara yang sama dilakukan pengambilan swab bagi para tenaga kesehatan dan pemeriksaan perdana oleh Mobil Laboratorium Bergerak Surveilans. Tercatat diperiksa sebanyak 94 sampel yang berasal dari pengambilan swab langsung dan sampel dari laboratorium Kesehatan daerah. Saat berita ini diturunkan, hasil laboratorium telah keluar.
Mobil laboratorium bergerak ini merupakan laboratorium biosafety level II. Di dalamnya terdapat mesin RT-PCR, PCR GeneXpert (TCM), mesin ekstraksi otomatis,  Biosafety Cabinet Level II (BSL II), autoclave, laminar air flow, freezer, dan alat pengubah air dari udara untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Memiliki kapasitas 94 spesimen dalam sekali running selama 5 jam. Pada tahap awal sekaligus memanaskan mesin pemeriksaan, masih akan beroperasi dalam satu kali shift. Selanjutnya akan terus dievaluasi dan penambahan shift sehingga turut meningkatkan jumlah hasil pemeriksaan. Adapun kebutuhan reagen dan bahan habis pakai pemeriksaan disediakan BBTKLPP Surabaya.  
Tak cukup menempatkan mobil Laboratorium Bergerak Surveilans, BBTKLPP Surabaya juga melatih para petugas laboratorium, teknisi kelistrikan, mekanik mobil bergerak, dan pelaporan pemeriksaan menggunakan New All Record. Hal ini untuk memastikan keberlanjutan pelayanan pemeriksaan laboratorium.

Kepala BBTKLPP Surabaya, Dr. Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH, MH mengharapkan keberadaan mobil laboratorium bergerak surveilans ini dapat memenuhi ekspektasi pemerintah dan masyarakat Provinsi NTT. “Bahkan sebelum mobil sampai di NTT, telah banyak yang memberitakan. Semoga kami bisa memenuhi harapan percepatan penyelesaian hasil laboratorium, bisa hanya satu sampai paling lama tiga hari saja. Tidak seperti saat ini yang harus menunggu sampai satu minggu ,” tegas Kepala BBTKLPP Surabaya.

 

bingkai-PELAYANAN-LABORATORIUM-BERGERAK-SURVEILANS-BANTU-TINGKATKAT-KAPASITAS-TESTING-COVID-19-DI-NT

 

bingkai-PELAYANAN-LABORATORIUM-BERGERAK-SURVEILANS-BANTU-TINGKATKAT-KAPASITAS-TESTING-COVID-19-DI-NT

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.236.228.250
: Indonesia