DUKUNGAN BBTKLPP SURABAYA DALAM PENGENDALIAN COVID 19 KABUPATEN JOMBANG
153

Jombang – Penguatan pengendalian COVID-19 di wilayah layanan terus dilakukan. Tak hanya pendampingan pengujian spesimen COVID-19, namun juga distribusi APD bagi tenaga kesehatan. Sepanjang awal 2021, BBTKLPP Surabaya telah mendistribusikan sebanyak 2710 paket APD ke berbagai dinas kesehatan dan rumah sakit di wilayah layanan di Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT.
Kabupaten Jombang, menjadi salah satu daerah yang mendapat distribusi APD.  Dengan mempertimbangkan daerah yang masuk PPKM dan masih menunjukkan peningkatan jumlah kasus COVID-19. Sebanyak 300 APD, masing-masing 100 set untuk RSUD Jombang, 100 set untuk RS Universitas Darul Ulum (UNIPDU), dan 100 set untuk dinas kesehatan Kabupaten Jombang telah didistribusikan pada 04 Februari 2021. Selain itu juga disampaikan 100 VTM kepada RSUD Jombang. Kepala BBTKLPP Surabaya didampingi Koordinator Surveilans Epidemiologi menyerahkan langsung bantuan APD ke tiga lokasis tersebut.

Peningkatan kasus di Jombang sendiri mulai terjadi pasca liburan panjang bertepatan dengan Maulid Nabi. Saat itu RSUD Jombang sempat mengalami kekurangan reagen. Saat ini RSUD Kabupaten Jombang telah memiliki kemampuan pemeriksaan COVID-19 dengan dilengkapi dua mesin RT-PCR dan satu mesin TCM, serta 136 tempat tidur di ruang isolasi dan 10 tempat tidur di ICU.

Di Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang, BBTKLPP Surabaya sekali lagi menyampaikan dukungannya pada pengendalian COVID-19 dan penyelidikan epidemiologi. Sampai saat ini pun trasing aktif terus dilaksanakan. Meskipun berdampak pada lonjakan kasus. Untuk itu Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang mengupayakan peningkatan tingkat kesembuhan pasien di rumah sakit.

Adapun di RS UNIPDU merupakan rumah sakit dalam jaringan/ asosiasi Nahdatul Ulama (NU) yang menyediakan ruang perawatan bagi pasien COVID-19. Total Tempat Tidur untuk ruang Covid-19 di seluruh RS Jaringan NU adalah sebanyak 588 dan tempat tidur ICU sebanyak 52. Dukungan Tenaga Kesehatan anggota ARSINU ada sebanyak 6.867 nakes dimana 5.150 nakes sudah divaksin. Bantuan APD mendapat apresiasi sebab ada beberapa RS jaringan NU yang mengalami kekurangan APD, seperti RS NU Jombang dan RSI Syuhada’ Blitar.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.236.228.250
: Indonesia