PEDULI : BBTKLPP SURABAYA PERLUAS LAYANAN PEMERIKSAAN SWAB KE UPT KEMENSOS
156

PEDULI :  BBTKLPP SURABAYA PERLUAS LAYANAN PEMERIKSAAN SWAB KE UPT KEMENSOS
Lombok Barat – Dukungan BBTKLPP Surabaya pada pengendalian COVID-19 tak sebatas pada institusi kesehatan. Kepedulian ini ditunjukkan juga dalam upaya kewaspadaan dini penyebaran Covid-19 di lingkungan Kementerian Sosial. Pada 27 – 28 Januari 2021, BBTKLPP Surabaya memberikan pelayanan pemeriksaan swab PCR COVID-19 pada Balai Rehabilitasi Sosial AMPK “PARAMITA” Mataram. Swab PCR dilakukan pada 72 orang petugas dan penghuni balai rehabilitasi.
Kegiatan dilakukan dengan pemantapan koordinasi dan diskusi mekanisme pelaksanaan secara teknis. Keesokan harinya dilaksanakan pemeriksaan swab yang terdiri dari beberapa meja, yaitu pendaftaran dan skrining awal untuk melihat suhu dan gejala yang dibantu petugas dari KKP Kelas II Mataram dan Dinas Kesehatan Lombok Barat. Selanjutnya pengambilan usap nasofaring dan orofaring. Terakhir entry data pasien melalui New All Record dengan akses dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat.
Hasil skrining suhu menunjukkan hasil dalam kondisi normal. Adapun skrining gejala sebanyak 10 orang (13,8%) menunjukkan gejala batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Spesimen swab kemudian dikirim ke BBTKLPP Surabaya untuk dilakukan pengujian menggunakan RT-PCR.
Balai Rehabilitasi Sosial AMPK “PARAMITA” Mataram merupakan unit pelaksana teknis yang bertanggungjawan kepada Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosia. Balai rehabilitasi ini memberikan layanan kepada anak yang memerlukan perlindungan khusus.
Pemeriksaan swab PCR pada UPT Kementerian Sosial di Mataram ini bukanlah yang terakhir. Selanjutnya masih akan dilakukan pelayanan pemeriksaan pada UPT Kemensos lain di wilayah layanan BBTKLPP Surabaya.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.236.228.250
: Indonesia