BBTKLPP SURABAYA KONSISTEN DAMPINGI PENGEMBANGAN KEK MANDALIKA, NTB
210

Mandalika -  BBTKLPP Surabaya mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Salah satunya dengan pendampingan segi kesehatan secara berkala melalui Kajian Faktor Risiko Penyakit Berpotensi Kejadian Luar Biasa dan Kesehatan Lingkungan. Sebagai tindak lanjut kajian yang dilaksanakan September lalu, pada 26 – 28 November 2020, BBTKLPP Surabaya melaksanakan diseminasi informasi kegiatan di hadapan jajaran Dinas Kesehatan Lombok Tengah. Kegiatan pendampingan KEK Mandalika telah dilaksanakan dua tahun berturutan. Hal ini juga ada kaitannya dengan pengembangan KEK Mandalika sebagai Kawasan wisata berskala internasional dan persiapan menuju MotoGP 2021.

Kepala Bagian Tata Usaha menyampaikan hasil kegiatan berupa situasi penyelidikan epidemiologi COVID-19 di Kabupaten Lombok Tengah, identifikasi faktor risiko penyakit bawaan makanan di empat tempat pengolahan makanan, sanitasi Hotel, Sanitasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan, dan identifikasi Faktor Risiko Penyakit Malaria dan DBD. Kajian menunjukkan bahwa di daerah KEK Mandalika memerlikan peningkatan pengawasan hygiene dan sanitasi makanan, hotel, dan fasyankes. Selain itu juga perlu dilakukan pemeriksaan reseptifitas malaria di musim lainnya untuk memastikan status daerah reseptif Malaria.

Selanjutnya perlu peningkatan dukungan penyelidikan epidemiologi dan kontak erat Covid-19, terutama dalam pengawasan para pelaku perjalanan dari dan ke Lombok tengah dan Kawasan Mandalika pada khususnya. Ke depan perlu dibuat perencanaan yang lebih baik dalam penyelenggaraan kegiatan kajian faktor risiko penyakit dan lingkungan di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika Tahun 2021. Serta diperlukan peningkatan kapasitas petugas hygiene dan sanitasi lingkungan serta laboratorium pemeriksa, melalui perluasan OJT Kesling Kit, OJT Higiene sanitasi pangan siap saji melalui webinar ataupun pertemuan luring, pendampingan pemeriksaan kualitas DAMIU, serta pendampingan dalam pengembangan laboratorium kesehatan daerah Lombok Tengah.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.239.233.139
: Indonesia