RISIKO RENDAH : BBTKLPP SURABAYA TINJAU PROSES PEMBUKAAN BELAJAR TATAP MUKA DI LOMBOK TIMUR
32

Lombok Timur - Kasus terkonfirmasi positif di Kab. Lombok Timur telah mengalami penurunan mulai pertengahan November 2020. Lombok Kuning masuk zona kuning atau zona dengan risiko penularan rendah. Menyikapi kondisi ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mengambil kebijakan untuk mulai membuka sekolah secara bertahap. Khususnya pada desa-desa yang sudah tidak ada penambahan kasus baru, salah satunya wilayah Puskesmas Sukaraja.
Kasus konfirmasi terakhir di Puskesmas Sukaraja dilaporkan pada akhir Juli 2020. Berdasarkan informasi tersebut, BBTKLPP Surabaya bersama Dinas Kesehatan dan Puskesmas meninjau  proses belajar mengajar secara langsung di SDN Sukaraja 02, Kecamatan Jerowaru. Pembukaan sekolah dimulai sejak 16 November 2020 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan serta pengawasan Puskesmas setempat.
Hasil observasi di sekolah menunjukkan, pelu peningkatan sarana prasarana dan penegakan protokol kesehatan. Banyak siswa yang tidak nyaman memakai masker dan memilih memakai faceshield, tempat duduk perlu ditata sedemikian rupa sehingga tetap menjaga jarak sosial minimal 1 meter. Saat pulang sekolah masih  ada siswa yang enggan menegenakan masker. Hal ini berisiko  menularkan penyakit di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
Pembukaan sekolah, bahkan di zona hijau pun perlu pengawasan. Proses ini membutuhkan dukungan banyak pihak mulai Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, orang tua siswa, dan masyarakat sekitar sekolah. Semua demi keselamatan siswa, guru, dan pelaksanaan proses belajar mengajar yang aman dan sehat.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.107.166
: Indonesia