RESMI, NTT PUNYA 2 LABORATORIUM PEMERIKSAAN SWAB PCR
75

Kota Kupang – Kabar gembira datang dari Bumi Flobamorata. Kini Provinsi Nusa Tenggara Timur  memiliki satu lagi laboratorium biomolekuler dengan kemampuan Pemeriksaan Swab Covid-19 dengan metode RT-PCR. Itu setelah Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat kerjasama antara  Pemerintah Provinsi NTT dengan Universitas Nusa Cendana resmi beroperasi pada 16 Oktober 2020. Sebelumnya, pemeriksaan swab Covid-19 hanya di NTT hanya dilakukan di RSUD W.Z Yohannes , Kupang. Peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Povinsi NTT menjadikan penambahan jumlah laboratorium pemeriksa penting dalam mendukung percepatan pengendalian penyakit melalui kegiatan testing, tracing, dan treatment.

Gubernur Provinsi NTT, Viktor Laiskodat, berkenan meresmikan secara langsung. Menteri Kesehatan dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Biomedis dan Teknologi Dasar Kesehatan turut dalam acara peresmian dengan mengikuti melalui konferensi jarak jauh secara daring. BBTKLPP Surabaya turut berperan dalam persiapan sampai siap operasonalisasi melalui supervisi dan pendampingan laboratorium semenjak Juli 2020. BBTKLPP Surabaya siap mendukung dan membantu pada pelaksanan operasional dan pengembangan selanjutnya.   

Dalam sambutannya Gubernur Provinsi NTT berharap laboratorium segera beroperasi sehingga dapat membantu menurunkan kasus Covid-19 dan mendukung program pemeriksaan swab gratis bagi warga masyarakat. Laboratorium Biomolekuler Kesehatan Masyarakat Provinsi NTT dibangun tak semata menjawab tuntutan pemeriksaan swab Covid-19 yang cepat dan akurat. Ke depan diharapkan dapat menjadi laboratorium biomolekuler bagi pengembangan penyakit lainnya.
 
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.238.107.166
: Indonesia