PERLUASAN DAN PENGUATAN LABORATORIUM PEMERIKSAAN COVID-19 DI JAWA TIMUR
127

Banyuwangi – BBTKLPP Surabaya terus menunjukkan komitmennya dalam membantu perluasan kemampuan laboratorium pemeriksaan Covid-19 di daerah. Termasuk meningkatkan kemampuan pemeriksaan Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Banyuwangi. Sebagaimana diberitakan ratusan santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur, positif Covid-19 pada akhir Agustus 2020 lalu. Untuk penguatan kemampuan daerah dalam pemeriksaan covid-19, pada 03 September 2020 tim BBTKLPP Surabaya melakukan pendampingan dan supervisi laboratorium PCR di Labkesda Kabupaten Banyuwangi.
Penguatan Labkesda ini dapat meningkatkan kesiapan dan kemampuan pemeriksaan Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi menghadapi kejadian luar biasa lainnya.  Kegiatan dibuka oleh Kepala Bidang dan Kepala Seksi P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi. Dilanjutkan dengan penyampaian materi pemeriksaan PCR dan pembekalan reagen ExAmplar Covid-19. Tim melakukan peninjauan laboratorium sehingga kemudian tim dapat memberikan masukan terkait desain laboratorium, fasilitas, dan alat pendukung lainnya.
Pada saat bersamaan tim laboratorium Covid-19 BBTKLPP Surabaya juga melakukan on the job training pengambilan swab dan pendampingan persiapan laboratorium pemeriksaan Covid-19 dilakukan di beberapa rumah sakit lainnya, antara lain RS Mitra Keluarga Satelit, RS Islam Jemursari, dan RSUD Kabupaten sampang. Tim laboratorium melakukan on the job training pengambilan swab ke KKP Kelas I Surabaya sebagai persiapan sebagai fasilitas kesehatan pada pemeriksaan Covid-19.
Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com )

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.89.87.12
: Indonesia