MENTAS : DUKUNGAN PENDAMPINGAN PEMERIKSAAN COVID-19 LABKESDA KOTA SURABAYA
98

Surabaya – Sebagai tindak lanjut pendampingan pemeriksaan Covid-19 di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Surabaya pada awal Agustus lalu, BBTKLPP Surabaya kembali untuk meninjau tindak lanjut rekomendasi yang diberikan pada Kamis (27/8).  Tim BBTKLPP Surabaya yang dipimpin langsung Kepala Balai, didampingi Kabid Pengembangan Teknologi Laboratorium, Kepala Bagian Tata Usaha, dan Kasie Lingkungan Fisika Kimia melakukan supervisi kesiapan laboratorium menjelang visitasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Laboratorium Kesehatan Daerah telah memenuhi rekomendasi sebelumnya terkait kebutuhan kelistrikan, keberadaan APAR dan alarm, serta oengajuan kode lab ke Balitbangkes.
Laboratorium Kesehatan daerah Surabaya kini sudah beroperasi dengan didukung 60 petugas yang terbagi dalam tiga (3) kali pergiliran kerja. Setiap hari mampu memeriksa spesimen sebanyak 1000 – 1500. Kepada petugas dan manajemen Labkesda Kota Surabaya, disarankan untuk secara cermat menghitung kebutuhan logistik dan bahan habis pakai, selain juga memperhatikan biosafety biosecurity, mutu pemeriksaan, serta kesehatan para petugas. Kepala BBTKLPP Surabaya menyampaikan apresiasi dan harapannya pada operasionalisasi labkesda tersebut, “Lab. PCR Labkesda bisa menjadi role model dan tempat pembelajaran bagi labkesda lainnya dalam hal persyaratan bangunan dan gedung BSL 2, “ tegas beliau.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, BBTKLPP Surabaya secara aktif memberikan dukungan dan fasilitasi penuh berupa pendampingan mulai dari pembangunan, persiapan operasionalisasi, dan saat perasionalisasi Labkesda Kota Surabaya sekarang ini.
(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.89.87.12
: Indonesia