Learning From The Best : Mengampu Ilmu dari Andalas
29

Surabaya – BBTKLPP Surabaya berkesempatan mengampu ilmu manajemen laboratorium RT-PCR dari salah satu tokoh pemeriksaan laboratorium Covid-19 di Indonesia. Betapa tidak, bersama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, RS Bakti Dharma Husada, RS Soewandhi, dan BBTKLPP Surabaya mendapatkan wawasan pengelolaan laboratorium dari Dr. dr.  Andani Eka Putra, M.Sc. Beliau merupakan tokoh sentral di belakang keberhasilan Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Universitas Andalas, Padang sehingga mampu meningkatkan kapasitas pemeriksaan spesimen Covid-19 yang semula hanya 200 setiap harinya menjadi 3000 spesimen per hari hanya dengan memanfaatkan sumber daya manusia, alat, dan sarana prasarana yang dimiliki.

Kehadiran beliau untuk memberikan dukungan dan berbagi pengalaman selama memimpin laboratorium di ibukota Sumatra Barat tersebut kepada Kota Surabaya. Dengan harapan besar bahwa ilmu dan kepemimpinan yang beliau miliki dapat membantu upaya percepatan pemeriksaan laboratorium dan memiliki kontribusi dalam penurunan kasus Covid-19 di Kota Surabaya dan Jawa Timur pada umumnya.  

Pada diskusi yang berlangsung di Kantor Pemerintah Kota Surabaya tersebut,  Dr. Andani menegaskan untuk terus memperkuat kapasitas laboratorium. Masing-masing laboratorium di Kota Surabaya, baik RS Dr. Soetomo, BBLK, BBTKLPP Surabaya, dan Labkesda dapat memeriksa masing-masing 1000 – 2000 spesimen per hari. Selain itu yang utama adalah melakukan pemeriksaan swab secara massif dengan memperbanyak penelusuran kontak baik di RS maupun di masyarakat.

Penguatan kapasitas laboratorium dapat berhasil dengan membangun sistem penyediaan bahan reagensia, bahan habis pakai, dan alat pendukung lain di lebih dari 30 laboratorium pemeriksa yang ada di Jawa Timur. Salah satu keberhasilan Sumatra Barat turun menjadi peringkat 17 dari peringkat 4 kasus tertinggi secara nasional berkat dukungan penuh pemerintah daerah dalam memperkuat sistem logistik dan komitmen dalam meningkatkan tracing, testing, isolation, dan treatment tersebut.

(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 3.235.107.209
: Indonesia