Sinergitas Laboratorium Pemeriksa, Dinas Kesehatan, dan RS Rujukan dalam Penanganan Covid-19
60

Surabaya – Percepatan penanganan spesimen Covid-19 memerlukan ketepatan tindakan dalam mengatasi situasi yang cepat berubah. Hal ini memerlukan kemitraan dan kerjasama dengan banyak pihak. Untuk meningkatkan sinergitas antara laborarium pemeriksa, dinas kesehatan, dan RS Rujukan, BBTKLPP Surabaya menyelenggarakan Webinar Sinergitas Laboratorium Pemeriksa, Dinas Kesehatan, dan RS Rujukan pada 18 Juni 2020. Webinar yang dapat diikuti melalui aplikasi zoom meeting dan disaksikan melalui live streaming youtube tersebut diikuti sekitar 388 partisipan.

Webinar dibuka oleh Kepala BBTKLPP Surabaya. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Achmad Yurianto turut memberikan arahan.  Adapun narasumber webinar Kepala BBTKLPP Jakarta mewakili Laboratorium Pemeriksa, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Ketua Tim Kuratif Tugas COVID-19 Jawa Timur sekaligus Direktur RS Dr. Soetomo, dr Joni Wahyuhadi. Dalam arahannya, Dirjen P2P mengajak untuk memahami situasi yang terjadi di masyarakat. Kunci penanganan pandemi adalah Cari, Temukan, Isolasi dan Rawat. Kunci ini menjadi peran petugas kesehatan. Isolasi adalah hal mutlak jika sudah ditemukan, mendahului langkah merawat. Dirjen P2P meminta menyelesaikan permasalahan secara sinergis, bermitra, dan menempatkan sesuatu sesuai porsinya.

Webinar menyimpulkan bahwa semua pihak perlu meningkatkan pelayanan penanganan Covid-19 secara bahu membahu. Kewaspadaan dan surveilans berbasis masyarakat tetap harus ditingkatkan meskipun kasus di suatu daerah menunjukkan penurunan. Peserta bersepakat menjalin sinergitas dalam penanganan dan respon cepat dengan tetap memegang kunci pengendalian Covid-19 yaitu disiplin menegakkan protokol kesehatan, menginagt covid-19 merupakan penyakit self limiting disease yang ditularkan antar manusia.

(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapunan . Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.149.34
: Indonesia