BBTKLPP Surabaya dan BBPOM Jajaki Kerjasama Pemeriksaan COVID-19 dari Hulu ke Hilir
48

Surabaya – Penanganan COVID-19 merupakan kerja bersama. Hal itu terungkap lewat pertemuan antara Kepala BBTKLPP Surabaya dan BBPOM pada Selasa (09/06) lalu. Kedua pihak membuka komunikasi untuk bersepakat saling bahu membahu dalam upaya penanganan COVID-19 dari berbagai aspek. Kerjasama nantinya tak hanya menyoal tentang pemeriksaan spesimen, namun juga kerjasama pada tataran administrasi dan pelaporan. Isu mengenai ketepatan pelaporan dan manajemen data menjadi perhatian. Entry dan pelaporan data penting dalam upaya penyajian informasi yang tepat terkait jumlah kasus dan pergerakannya sehingga dapat dijadikan dasar dalam penentuan arah kebijakan penanganan  COVID-19 di Indonesia. Rapat tim BBPOM Surabaya yang dipimpin Kepala BBPOM Surabaya, Drs. IMB Gerametta, Apt tersebut membahasa bantuan proses pembacaan PCR, entry data, dan administrasi. Kerjasama juga terkait perancangan laboratorium COVID-19 yang akan dibangun di BBPOM Surabaya. Diharapkan BBTKLPP Surabaya yang menjadi salah satu pioner pemeriksaan COVID-19 di Jawa Timur dapat mendampingi dan melakukan on the job training kepada para petugas baik tentang tata kelola dan manajemen laboratorium maupun peningkatan kapasitas petugas analis laboratorium di BBPOM.

Bagaimana diberitakan sebelumnya, kerjasama yang telah berjalan adalah bantuan alat RT-PCR BBPOM telah dipakai dalam pemeriksaan swab di BBTKLPP Surabaya. Ke depan kerjasama ini dapat memperkuat penanganan pemeriksaan Covid-19 dari hulu ke hilir.

(Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 3540189 atau email btklsbyhumas@gmail.com).  

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 34.239.149.34
: Indonesia