header

PARTISIPASI DALAM STRATEGI PENGENDALIAN DENGUE, CANANGKAN GEMA TJANTIK DI KABUPATEN PROBOLINGGO

PARTISIPASI DALAM STRATEGI PENGENDALIAN DENGUE, CANANGKAN GEMA TJANTIK DI KABUPATEN PROBOLINGGO

PARTISIPASI DALAM STRATEGI PENGENDALIAN DENGUE, CANANGKAN GEMA TJANTIK DI KABUPATEN PROBOLINGGO

Probolinggo – Meningkatkan ekskalasi keterlibatan masyarakat dan dukungan lintas sektor dalam pengendalian penyakit, pada Rabu (29/11), BBTKLPP Surabaya turut berpartisipasi pada Puncak Rangkaian Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-59. Acara yang diprakarsai Direktorat Jenderal P2P itu bertempat di Lapangan Parkir Umum Pesantren Nurul Jadid Kabupaten Probolinggo. Turut hadir, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, DR. Dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS., Direktur P2PM Dr. Imran Pambudi, MPHM., Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, S.Sos., M.Si. dan Kepala Pondok Pesantren Nurul Jadid, KH. Abd. Hamid Wahid, M.Ag. Turut memfasilitasi acara, hadir Kepala BBTKLPP Surabaya, Kepala KKP Kelas I Surabaya, dan Kepala KKP Kelas II Probolinggo.

Rangkaian acara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan dan pengendalian penyakit disajikan. Termasuk kegiatan yang melibatkan masyarakat luas seperti skrining Tuberculosis pada 1000 peserta yang hadir, pencanangan Gerakan Bersama Bebas Jentik (GEMA TJANTIK) yang melibatkan petugas kesehatan dan kader kesehatan pondok pesantren, serta pemberian Jumantik Kit. BBTKLPP Surabaya sendiri bersama dengan KKP Kelas I Surabaya menampilkan teknologi tepat guna dan produk pengendalian dengue di booth pameran.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen P2P meresmikan gedung kesehatan Klinik Az-Zainiyah di lingkungan Pondok Pesantren. DR. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM., MARS. dalam sambutannya menyampaikan bahwa penguatan layanan primer berupa klinik kesehatan di lingkungan Ponpes menjadi bukti telah berjalannya transformasi kesehatan. Disampaikan pula pentingnya pencegahan penyakit melalui pengendalian faktor risiko perilaku dan lingkungan. Khususnya DBD, saat ini telah tersedia vaksin Dengue dan inovasi nyamuk ber-Wolbachia. Meskipun begitu pengendalian penyakit dengue berbasis lingkungan dengan mengedepankan edukasi dan prevensi juga dibutuhkan.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com


share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 34.239.154.201

  • Online : 875

  • Hari ini : 1006

  • Kemarin : 30640

  • Bulan ini : 79568

  • Tahun ini : 104775

  • Total : 219222

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2024