header

SURVEI PERILAKU VEKTOR PADA PERUBAHAN IKLIM DI KABUPATEN KUPANG

SURVEI PERILAKU VEKTOR PADA PERUBAHAN IKLIM DI KABUPATEN KUPANG

SURVEI PERILAKU VEKTOR PADA PERUBAHAN IKLIM DI KABUPATEN KUPANG

Kupang – Perubahan lingkungan dan iklim dapat mempengaruhi bionomik atau dinamika populasi vektor, termasuk Anopheles spp, vektor penularan Malaria. Untuk mengetahui keanekaragaman jenis dan perilaku menggigit Anopheles spp. pada 22 – 25 November 2022, tim vektor BBTKLPP Surabaya melakukan survei perilaku vektor. Survei bersama dengan tim P2P Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, dan Puskesmas Poto. Penangkapan nyamuk di Desa Fatuleu Barat dilakukan dua cara, yaitu teknik human landing collection serta penangkapan nyamuk yang hinggap di dalam rumah dan di kandang sapi. Selain itu dilakukan survei kepadatan jentik nyamuk Anopheles spp pada tempat perindukan.

Nyamuk yang tertangkap kemudian dilakukan pembedahan dan analisa dengan metode mikroskopis. Pengetahuan akan perilaku nyamuk akibat perubahan iklim memberikan data dan informasi spesifik untuk perencanaan pengendalian vektor. Pengetahuan dan rekomendasi terkait bionomik vektor (perilaku, distibusi dan musim penularan) akan diperoleh pengendalian vektor secara rasional, efektif dan efisien.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com.

share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 3.236.70.233

  • Online : 397

  • Hari ini : 10842

  • Kemarin : 2236

  • Bulan ini : 13078

  • Tahun ini : 26678

  • Total : 67266

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2023