header

TURUT DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN, KOLABORASI HADIRKAN BUKU “PINTU KESEHATAN SANTRI”

TURUT DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN, KOLABORASI HADIRKAN BUKU “PINTU KESEHATAN SANTRI”

TURUT DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN, KOLABORASI HADIRKAN BUKU “PINTU KESEHATAN SANTRI”

Surabaya – Turut memeriahkan peringatan Hari Santri Tahun 2022, BBTKLPP Surabaya bersama dengan Fakultas Psikologi dan Kesehatan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) menyelenggarakan Soft Launching “Buku Pintu Kesehatan Santri", Minggu (23/10). Buku setebal 98 halaman ini merupakan kolaborasi dua institusi yang memiliki perhatian pada kesehatan ini. Diklaim sebagai buku pertama yang membahas tentang seluk beluk kesehatan santri mulai dari kesehatan mental, lingkungan, pengendalian penyakit, dan makanan, di Indonesia. Tema Hari Santri 2022 "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan", sejalan dengan semangat penyusunan buku yakni untuk memberikan wawasan kepada para santri tentang kesehatan. Sebab, santri yang berdaya dimulai dari santri yang sehat. Sebagaimana salah satu bahasan dalam buku, Santri yang berkualitas adalah santri yang cerdas dan sehat. Soft Launching diselenggarakan secara daring melalui aplikasi Zoom dengan mengundang civitas akademika UINSA, penulis dari BBTKLPP Surabaya, akademisi, Kyai & Bu Nyai pengasuh dan pengelola pondok pesantren, santri, ustadz dan ustadzah.

Dekan Fakultas Psikologi dan Kesehatan UINSA, Prof. Dr.Abdul Muhid., M.Si. pada sambutannya mengharapkan buku ini dapat dimanfaatkan untuk turut mewujudkan santri dan pondok pesantren yang sehat. “Tokoh besar banyak lahir dari kalangan santri, sehingga sesuai dengan tema Hari Santri, Santri yang berdaya harus juga sehat, tidak sakit-sakitan sehingga bisa memberikan sumbangsih pada bangsa,” harap Dekan FKP.

Adapun Kepala BBTKLPP Surabaya, Dr. Rosidi Roslan, SKM, SH, MPH, MH pada pengantar buku menyebutkan buku ditulis dengan tujuan membantu para santri dalam meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kemauan berperilaku sehat agar status kesehatan santri terus terjaga. Buku yang terdiri dari lima bab ini menyajikan informasi mengenai kehidupan pesantren, penyakit yang sering terjadi, cara pencegahan dan pengedaliannya, cara berperilaku hidup bersih dan sehat, serta menciptakan lingkungan pesantren sehat.

Rangkaian acara buku direview oleh perwakilan penulis dari masing-masing institusi. Review dari FKP UINSA oleh Dr. M. Irfan Hadi, M.KL, sedangkan dari BBTKLPP Surabaya oleh Hari Gunawan, SKM., M.M. Pada sesi diskusi banyak masukan untuk penyempurnaan pada edisi selanjutnya. Dimana salah satunya pengaitan berbagai tuntunan Islam dan hadits Rasulullah terkait kebersihan, makanan, dan kesehatan. Selain juga diharapkan buku dapat ditambah dengan petunjuk teknis yang dapat dijadikan dasar penyusunan SOP kesehatan dan kebersihan di lingkungan pondok pesantren.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com

share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 3.236.70.233

  • Online : 263

  • Hari ini : 10854

  • Kemarin : 2236

  • Bulan ini : 13090

  • Tahun ini : 26683

  • Total : 67271

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2023