header

KENALI PERILAKU, EFEKTIF KENDALIKAN VEKTOR DBD

KENALI PERILAKU, EFEKTIF KENDALIKAN VEKTOR DBD

KENALI PERILAKU, EFEKTIF KENDALIKAN VEKTOR DBD

Surabaya – Demam Berdarah masih menjadi salah satu penyakit yang sering menimbulkan kejadian luar biasa di Jawa Timur, termasuk Kota Surabaya. Salah satu daerah dengan kasus DBD paling tinggi di Kota Surabaya adalah Kelurahan Medokan Ayu. Tercatat ada 13 kasus DBD pada tahun 2021 di kelurahan yang berada di Kecamatan Rungkut itu. Salah satu upaya pencegahan KLB DBD melalui pengendalian vektor Aedes Aegypti. BBTKLPP Surabaya secara aktif melakukan pengendalian vektor melalui survei vektor terhadap perubahan iklim. Tak ditampik, perubahan iklim turut merubah perilaku vektor. Bersama dengan kader jumantik, petugas puskesmas, dan petugas Dinas Kesehatan Kota Surabaya, survei perilaku vektor yang dilakukan meliputi penangkapan nyamuk untuk identifikasi spesies dan memperoleh data terkait angka gigitan dan kepadatan nyamuk pada 5 – 6 Oktober lalu. Kegiatan dilakukan mulai pukul 06.00 pagi sampai 17.00 menjelang petang hari. Kepadatan jentik dilakukan melalui pemasangan ovitrap di 30 rumah.

Data dan informasi mengenai perilaku nyamuk ini penting untuk mengetahui ada tidaknya perubahan perilaku nyamuk akibat dari perubahan iklim. Mengetahui perubahan perilaku vektor seperti waktu aktif menggigit, kepadatan, tempat resting dan sarang nyamuk penting untuk dapat menentukan program pengendalian yang lebih efektif sesuai dengan pola perilaku nyamuk. Pengendalian vektor merupakan kegiatan memutuskan rantai perkembang biakan vektor dan penularan DBD secara tepat sasaran. Harapannya dapat menurunkan angka kasus dan mencegah Kejadian Luar Biasa DBD.

Berita ini disiarkan oleh BBTKLPP Surabaya. BBTKLPP Surabaya menuju Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. BBTKLPP Surabaya tidak menerima gratifikasi dalam bentuk apapun. Pakai masker Cuci tangan jaga jarak vaksin. Protokol kesehatan, 3T, dan vaksin jodoh sejati kala pandemi. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi telepon (031) 99847651 (pelayanan) dan 99847673 (kesekretariatan) atau email btklsbyhumas@gmail.com

share

Lainnya

Statistik

  • IP Address : 3.236.70.233

  • Online : 260

  • Hari ini : 10843

  • Kemarin : 2236

  • Bulan ini : 13079

  • Tahun ini : 26679

  • Total : 67268

Unit Informasi Teknologi BBTKLPP Surabaya 2005 - 2023