Pengendalian Vektor Demam Berdarah

  • Larvitrap

Larvitrap adalah salah satu inovasi Teknologi Tepat Guna dari botol plastik yang  digunakan untuk pengendalian nyamuk

Dengan penggunaan Larvitrap akan  memutus  rantai siklus hidup  nyamuk penyebab penyakit demam berdarah (DBD) yaitu Aedes Aegypty. Dalam rangka upaya penanggulangan KLB DBD maka diperlukan pemasangan Larvitrap  pada rumah penduduk yang berada di wilayah cakupan KLB.

 

  • Ovilartrap

Ovilartrap merupakan inovasi teknologi tepat guna perangkap larva nyamuk yang dikembangkan
sehingga nyamuk menjadi tertarik untuk bertelur dalam perangkap larva dengan rangsangan attraktan.

Telur yang menetas dalam perangkap akan tumbuh menjadi larva kemudian menjadi nyamuk. Selanjutnya nyamuk-nyamuk ini akan terus terperangkap hingga mati.

 

  • Ovilanta

Ovilanta adalah Modifikasi ovitrap dengan menggunakan ban bekas berupa potongan ban bekas digabungkan  dengan posisi saling berlawanan sedemikian rupa sehingga nyamuk merasa nyaman  bertelur di dalam habitat buatan  tersebut. Merupakan salah satu metode pengendalian nyamuk tanpa insektisida yang berpotensi menurunkan densitas vektor sehingga berpeluang menurunkan insiden rate demam berdarah.

 

  • Ovitrap

Ovitrap merupakan salah satu teknologi tepat guna pengendalian nyamuk tanpa insektisida yang dapat menurunkan densitas vector DBD  (Aides Aygipti) sehingga dapat menurunkan insiden rate demam berdarah. Ovitrap terdiri dari timba hitam dan dilengkapi dengan bilah kayu atau bambu (padel) yang dilapisi kertas putih yang dijepitkan vertikal pada dinding dalam.

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 54.224.187.45
: Indonesia