Pantauan Kesiapan Arus Mudik dan Balik Idul Fitri 1440 H

Tuban – Tradisi mudik menjelang Idul Fitri merupakan peristiwa tahunan yang menjadi perhatian banyak pihak, terutama pada potensi kejadian gangguan kesehatan seperti kecelakaan dan penyakit. Tak heran apabila kemudian berbagai lintas sektor termasuk kementerian kesehatan, perhubungan, kepolisian,  badan usaha milik negara, dan pihak swasta mengerahkan upaya lebih dalam memastikan keselamatan dan kesehatan pada situasi khusus yang melibatkan arus perpindahan jutaan orang ini. Termasuk Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan. Dirjen P2P bersama jajarannya termasuk BBTKLPP Surabaya dan KKP Kelas I Surabaya,  dan lintas sektoral secara langsung melakukan peninjauan kesiapan bandara udara, rest area, dan fasilitas kesehatan sepanjang jalur mudik di pantai utara Jawa Timur dan Jawa Tengah pada 1 Juni 2019.

Dirjen P2P meninjau Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya, Rest Area SPBU Tebaloan Kabupaten Gresik, Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2019 di Rest Area Kabupaten Tuban, KKP Kelas I Surabaya Wilker Tuban, RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesoemo dan Puskesmas Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. Dirjen mengapresiasi persiapan dan kelengkapan fasilitas rest area maupun fasyankes. Peninjauan Dirjen P2P dilanjutkan ke Provinsi Jawa Tengah, dengan tujuan  Pelabuhan Tanjung  Emas dan Stasiun Tawang Semarang.

Begitu halnya dengan arus balik. Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek bersama dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan arus balik tahun 2019 di 3 provinsi, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat pada 8 – 9 Juni 2019. Di Jawa Timur,  Menteri Kesehatan mengunjungi Kabupaten Madiun dan Ngawi. Peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatannya di jalur balik Idul Fitri 1440 H. Bentuk kesiapsiagakaan selama arus mudik dan arus balik di Provinsi Jawa Timur sebanyak 888 Puskesmas, 266 rumah sakit, 280 Pos Pam, 203 klinik, dan 16 PSC siap menghadapi jalur balik.

Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak :humas@btklsby.go.id.
Web: www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 18.212.243.191
: Indonesia