ORIENTASI INDOOR RESIDUAL SPRAYING (IRS) MALARIA

Sumba Barat – Pulau Sumba masih menjadi daerah di wilayah layanan BBTKLPP Surabaya dengan nilai Annual Paracite Index (API) Malaria tinggi. Guna mendukung Eliminasi Malaria di Indonesia pada 2030, termasuk di daerah dengan API tinggi, berbagai upaya pengendalian malaria terus dilakukan. Salah satunya melalui penyemprotan rumah atau dikenal sebagai Indoor Residual Spraying (IRS). Oleh karena itu, pada 22 – 26 Mei 2019 BBTKLPP Surabaya menyelenggarakan Pertemuan Orientasi IRS di Kabupaten Sumba Barat. Pertemuan bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tenaga penyemprot IRS.

Peserta merupakan pengelola program malaria dan kader puskesmas yang berasal dari empat (4) kabupaten di Pulau Sumba, yaitu Kabupaten Sumba Barat, Sumba Timur, Sumba Tengah, dan Sumba Barat Daya. Kurang lebih sebanyak 60 peserta mengikuti pelatihan sehingga mampu merencanakan dan menghitung kebutuhan sarana dan prasarana kegiatan IRS, memetakan wilayah kegiatan IRS serta menganalisis risiko terjadinya malaria, melakukan penyemprotan IRS di rumah penduduk, dan menyusun rencana tindak lanjut guna mendukung eliminasi malaria khususnya melalui program IRS. Sebagai bentuk dukungan penuh pemerintah daerah dalam upaya eliminasi malaria, hadir pula sebagai narasumber pelatihan Bupati Sumba Barat dan Inspektorat Kabupaten Sumba Barat.

Kegiatan pelatihan dirangkai dengan koordinasi bersama BBTKLPP Surabaya dan Subdit Malaria dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Sumba Foundation. Koordinasi terkait upaya-upaya pengendalian Malaria di Sumba Barat meliputi pelatihan mikroskopis malaria, pemasangan kelambu berpestisida, klinik penemuan dan tatalaksana kasus malaria, pelayanan kesehatan stunting dengan pemberian makanan tambahan pada anak sekolah dan balita. BBTKLPP Surabaya pada kesempatan yang sama mengikuti Konsorsium Malaria bersama Gubernur NTT dan empat (4) 4 Bupati di Pulau Sumba melalui penandatangan kesepakatan percepataan eliminasi malaria dan penyusunan rencana tindaklanjut yang dilaksanakan di Hotel Sinar Tambolaka Kabupaten Sumba Barat Daya.

Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak :humas@btklsby.go.id.
Web: www.btklsby.go.id
IG:btklsby
FB:btklsby
Youtoube : btklsby channel

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 18.212.243.191
: Indonesia