Pencanangan Kawasan Wisata Sehat Tanpa Boraks dan Formalin di Kawasan Prigen, Pasuruan

PRIGEN – Produk Inovasi Tekniologi Tepat Guna RDT Boraks Formalin BBTKLPP Surabaya memasuki babak baru. Produk TTG ini digunakan dalam memeriksa keamanan makanan dari kandungan boraks formalin makanan jajanan di kawasan wisata di Prigen Kabupaten Pasuruan.  Selama satu tahun melakukan pembinaan dan pemberdayaan pada petugas puskesmas, kini para petugas puskesmas tersebut telah mampu melakukan pemeriksaan dan pembinaan secara mandiri pada para PKL di wilayah kerjanya. Sebagai apresasi pada keberhasilan pembinaann petugas puskesmas dan PKL yang telah mampu menunjukkan kesadaran untuk menyediakan makanan jajanan yang sehat bebas boraks formalin di kawasn wisata, pada 8 November 2018 dilakukan pencanangan kawasan wisata sehat tanpa boraks dan formalin di Kecamatan Prigen. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI , dr. Anung Sugihantono, M.Kes berkesempatan untuk menempelkan stiker pada warung dan gerobak pedagang yang selama tiga kali pemeriksaan dan monitoring menunjukkan konsistensi dalam menjaga makanan olahan yang dijualnya bebas boraks dan formalin.

Pada arahannya dr. Anung menyoroti perubahan pola piknik masyarakat yang sebelumnya membawa makanan sendiri menjadi membeli pada para pedagang. Dirjen P2P mengapresiasi upaya pemeriksaan makanan sehingga dapat memberikan rasa aman melalui pembinaan dan pengawasan baik oleh dinas kesehatan maupun pembinaan oleh kecamatan dan paguyuban pedagang. Penegakan aturan diawali dengan edukasi. Beliau mengajak untuk memanfaatkan media sosial dalam menyebarkan pesan positif terkait keamanan makanan sehingga akan menimbulkan rasa ingin tahu  para wisatawan yang lalu membuat mereka merasa percaya diri mengkonsumsi makanan yang dijual sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan perekonomian daerah wisata. Terkait pemeriksaan, BBTKLPP  salah satu fungsinya  mengembangkan TTG yang dapat dipakai untuk meningkatkan kualitas kesehatan msyarakat melalui teknologi yang mudah, positif, murah, efisien yang bisa dilakukan secara mandiri. ”Semoga apa yang telah, sedang, dan akan terus diupayakan dpt membawa kesejahteraan yang lebih untuk mengembangkan kesehatan masyarakat,” pesan Dirjen P2P. 

Berita ini disiarkan oleh Instalasi Media Informasi Humas Laporan dan Perpustakaan BBTKLPP Surabaya. Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi BBTKLPP Surabaya melalui nomor (031) 3540189 dan alamat email kontak : humas@btklsby.go.id

btklsby.go.id

@btklsby

@btklsby

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 18.212.92.235
: Indonesia