FOOD SECURITY PADA ACARA HARI MATA SEDUNIA
41

FOOD SECURITY PADA ACARA HARI MATA SEDUNIA--

Kegiatan Hari Mata Sedunia Pada Tahun 2018 Ini Oleh Kementerian Kesehatan Dipusatkan Dijawa Timur Tepatnya Dikota Surabaya. Kegiatan Yang Dihelat Di Gedung Pertemua Pusat Humaniora Tersebut Dihadiri Langsung Oleh Menteri Kesehatan Ri Dengan Mengundang Dari Beberapa Kepala Dinas Kesehatan  Di wilayah Jawa Timur Serta Kader Dharma Wanita, PKK  Dan beberapa Siswa Siswi Sekolah Dasar di kota Surabaya .

Dalam Acara Tersebut BBTKL Surabaya Melakukan Kegiatan Pengawasan Kesehatan Pangan / Food Security  Terhadap Sajian Hidangan Yang Akan Diberikan Terhadap Pejabat Negara Dan Tamu Undangan Untuk Memastikan Hidangan Tertsebut Bebas Dari Bahan Berbahaya. Pemeriksaan dilakukan secara kimia untuk mengetahui kandungan Nitrit, Sianida, Arsen, Boraks, dan Formalin. Adapun pemeriksaan secara mikrobiologi untuk memastikan makanan tidak mengandung E. coli, Salmonella, dan Staphillococcus. Pemeriksaan dilakukan sebagai upaya pencegahan kejadian gangguan kesehatan dalam situasi khusus, seperti keracunan makanan ataupun penyakit yang ditularkan lewat makanan

Tema Hari Penglihatan Sedunia Tahun 2018 adalah  "Mata Sehat Untuk Semua" dan Sub Tema "Kenali dan Deteksi Gangguan Penglihatan Sedini Mungkin" dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2018 di Surabaya dan dibuka resmi oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K).

Pada puncak peringatan ini dilakukan juga peresmian Aplikasi SIGALIH oleh Menkes dan Simulasi SIGALIH oleh para Kader. Sistem Informasi Penanggulangan Gangguan Penglihatan Nasional (SIGALIH) adalah aplikasi yang dapat mencatat berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan mata. Aplikasi berbasis web/android ini dapat mengenali gangguan penglihatan warga negara Indonesia melalui deteksi dini di Posbindu.

Dengan adanya SIGALIH  gangguan penglihatan dan kebutaan ini dapat dicegah. Atau pada mereka yang memang mesti mendapatkan tindakan mendapatkan pertolongan.

(HUMAS BBTKLPP Surabaya).

btklsby.go.id

@btklsby

@btklsby

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 54.167.95.51
: Indonesia