Respon Cepat Peningkatan Kasus Malaria di Lombok Barat
41

Lombok Barat - Pasca Gempa yang mengguncang Lombok pada akhir Juli 2018 lalu, pulau wisata tersebut kembali dikejutkan dengan kejadian ditemukannya kasus malaria di Kabupaten Lombok Barat. BBTKLPP Surabaya menurunkan tim respon cepat untuk melakukan pencegahan dan pengendalian faktor risiko penyakit malaria secara dini pada 12 – 15 September 2018. BBTKLPP Surabaya bekerja sama dengan tim dinas kesehatan Provinsi NTB, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Barat, petugas Puskesmas Penimbung dan Peninting, serta tim dari Ditjen P2P. Tim Gabungan melakukan Mass Blood Survey Malaria (MBS), larvasida, pengobatan kepada para penduduk yang kebanyakan korban gempa yang tinggal di pengungsian, dan melakukan pemetaan sebaran penyakit.

Tim melakukan survei awal di lapangan pada Puskesmas Peninting, wilayah yang dilaporkan adanya kejadian malaria pertama kali. Dilanjutkan dengan MBS dan pemetaan tempat perindukan nyamuk di lokasi pengungsian di Dusun Lilir Utara, Desa Gelangsar, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat. Pada hari berikutnya, tim melanjutkan MBS di wilayah Puskesmas Penimbung dan Meninting, serta melakukan larvasiding di lokasi pengungsian. Untuk melakukan penguatan deteksi dini kejadian penyakit malaria, dilakukan penyegaran pemeriksaan mikroskopis malaria pada petugas analis kesehatan Puskesmas setempat.

Tim menemukan daerah endemis malaria di Kabupaten Lombok Barat terdapat di 10 desa di 3 daerah Puskesmas, dan 2 kecamatan. Lokasinya terdiri dari 28 titik yang tersebar di pegunungan yang aksesnya sulit dijangkau. Melalui pemeriksaan RDT dan mikroskopis, ditemukan jumlah penderita malaria yang cukup banyak. Oleh karena itu, MBS malaria perlu dilanjutkan untuk mendapatkan gambaran secara penderita malaria pada total populasi sembari melakukan pengobatan kepada para penderitanya. Penyelidikan epidemiologi malaria seara menyeluruh juga perlu dilakukan. (Yudied/HUMAS BBTKLPP Surabaya).

btklsby.go.id

@btklsby

@btklsby

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 54.145.83.79
: Indonesia