BBTKLPP Surabaya Reakreditasi Laboratorium Pengujian Kali Ketiga
185

Surabaya – Sebagai upaya peningkatan kualitas laboratorium dalam melayani masyarakat dan program kesehatan di wilayah kerja, untuk ketiga kalinya, BBTKLPP Surabaya menjalani reakreditasi Laboratorium pengujian. Reakreditasi Laboratorium Pengujian BBTKLPP Surabaya dilaksanakan pada 26 – 27 April 2018 oleh tim Assesor yang ditunjuk oleh Komite Akreditasi Nasional. Selama reakreditasi, lima orang assesor melihat unjuk kerja laboratorium dan kesesuaian dengan acuan penerapan  SNI ISO 17025 : 2008 dan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 6 Tahun 2009 tentang Laboratorium Lingkungan. Reakreditasi dilakukan pada dokumen dan  manajemen sistem mutu laboratorium pengujian BBTKLPP Surabaya serta lima (5) instalasi laboratorium, yaitu  Kimia Fisika Media Air; Kimia Fisika Limbah Cair; Biologi Media Lingkungan dan Biomarker; Kimia Fisika Media Udara dan Radiasi; Kimia Fisika Padatan, Material, dan Biomarker. Budi Susilowati, Ketua Tim Assesor, saat rapat pembukaan reakreditasi mengatakan tim melihat dokumen panduan mutu dan observasi pengujian sesuai dengan ruang lingkup yang diminta. Ketidak sesuaian yang ditemukan dimasukkan dalam kategori I (sangat serius), kategori 2, dan kategori 3. “Meskipun temuan 1, namun apabila bisa diperbaiki dalam jangka waktu perbaikan 3 bulan, maka tidak apa-apa,” tegas Budi.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BBTKLPP Surabaya Dr. Hari Santoso,  S.K.M., M.Epid., MH.Kes selaku manajer puncak mengajak memanfaatkan sebaik mungkin momen reakreditasi sebagai momen belajar dengan menunjukkan keadaan sebagaimana adanya sehingga diperoleh penilaian tanpa manipulasi. “Yang terpenting dan sangat penting bagaimana solusinya. Itu makna yang terpenting. Hasil ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, bukan kualitas semu,” ujar beliau memberikan dukungan.

Laboratorium Pengujian BBTKLPP Surabaya pada tahun 2018 memasuki masa reakreditasi yang ketiga. BBTKLPP Surabaya pertama kali mendapatkan sertifikasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) pada tahun 2005. Sertifikasi menegaskan bahwa Laboratorium Pengujian  BBTKLPP Surabaya telah menerapkan secara konsisten pengujian sesuai SNI ISO/IEC 17025 : 2008 ( ISO/IEC 1705 : 2005) dengan  Sertifikat Akreditasi Laboratorium Pengujian No. LP-241-IDN. BBTKLPP Surabaya reakreditasi  untuk pertama kali pada 2010, disusul reakreditasi kedua pada tahun 2014. (NAY)

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 54.92.164.184
: Indonesia