Workshop Peningkatan Kapasitas B/BTKLPP dan Dinas Kesehatan di Wilayah Layanan dalam Program P2 Penyakit Kusta
167

BBTKLPP Surabaya pada 23 – 28 Maret 2018 menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas B/BTKLPP dan Dinas Kesehatan di Wilayah Layanan dalam Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kusta.  Peserta workshop sebanyak 35 orang yang terdiri dari 25 orang pengelola program P2 penyakit kusta Dinas Kesehatan Provinsi dan petugas laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi / Kabupaten / Kota / Puskesmas di wilayah layanan B/BBTKLPP Surabaya dan 10 orang Pejabat fungsional Pranata Laboratorium dari 10 B/BTKLPP se-Indonesia. Adapun narasumber berasal dari Direktorat P2PML, Badan Litbangkes, ITD Unair, RS. Dr. Sutomo, RS. Kusta Sumber Glagah, dan BBTKLPP Surabaya.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur dr. Kohar Hari Santoso, Sp.An. K.I.C.KAP . Dalam sambutannya kepala Dinas mengapresiasi pertemuan sebagai langkah strategis dalam upaya mencapai eliminasi malaria. Beliau menggarisbawahi perlunya kerjasama lintas program dan lintas sektoral dengan menggerakkan seluruh elemen yang ada di masyarakat untuk menemukenali secara dini penderita kusta. Selain juga diperlukan kreativitas dan terobosan pengelola program.

Workshop pada hari kedua dibagi dua kelompok, yaitu kelas pengelola program P2 penyakit kusta Dinas Kesehatan Provinsi dan Petugas laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi / Kabupaten / Kota / Puskesmas di wilayah layanan B/BBTKLPP Surabaya. Kelompok pertama mengikuti workshop untuk meningkatkan kemampuan dalam penemuan kasus kusta melalui pengambilan dan pemeriksaan laboratorium (skin smear) di RS Kusta Suber Glagah Mojokerto.  Adapun kelompok kedua yang terdiri dari fungsional pranata laboratorium B/BTKLPP meningkatkankan intensifikasi penemuan kasus kusta melalui pengambilan dan pemeriksaan laboratorium (skin smear) serta pemantauan resistensi M. Leprae terhadap Obat Kusta dengan menggunakan metode PCR di RS Dr. Sutomo dan pemeriksaan resitensi M. Leprae di  ITD Unair. (Foto-foto oleh M. Nuril, Nugroho Anang/NAY)

btklsby.go.id

@btklsby

@btklsby

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 54.167.95.51
: Indonesia