Status Awas Erupsi Gunung Agung : BBTKLPP Surabaya Terjunkan Tim Respon Cepat
84

Menyikapi penetapan status Gunung Agung menjadi Level IV (Awas) pada MInggu (24/9), BBTKLPP Surabaya menerjunkan tim respon cepat penanggulangan  kejadian luar biasa bencana erupsi Gunung Agung pada Senin (25/9/2017). Selama lima hari ke depan, tim melakukan assement faktor risiko penyakit dan sanitasi lingkungan di lokasi pengungsian serta distribusi bantuan logistik bencana. Tim akan bergabung dengan petugas dinas kesehatan provinsi dan instansi terkait lainnya bahu membahu menangani kemungkinan dampak jika terjadi erupsi.

Tim respon cepat fokus pada pengendalian faktor risiko penyakit di lokasi pengungsian dan masyarakat. Di lokasi pengungsian tim melakukan fogging, pemeriksaan kualitas air secara kimia dan biologi, pemeriksaan kualitas udara dan jenis debu, dan surveilans penyakit. Sedangkan tim melakukan pemeriksaan kualitas air permukaan secara kimia dan biologi serta kualitas udara sebagai dampak debu dari letusan. Identifikasi dan pengendalian faktor risiko penting sehingga tak menjadi sumber penularan penyakit.

Peningkatan level Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali menjadi Level IV (AWAS) setelah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Badan Geologi Kementerian ESDM mengamati  asap putih setinggi 200 meter terlihat membumbung dari kawah serta peningkatan level kegempaan gunung setinggi 3124 di atas permukaan air laut tersebut. Respon cepat dan kewaspadaan dini pada kemungkinan erupsi Gunung Agung perlu diselenggarakan untuk memastikan keselamatan penduduk di kawasan terdampak.

Jumlah pengungsi di Kabupaten Karangasem menurut rilis dari BNPB jumlah pengungsi pada Minggu (24/5/2017) pukul 12.00 tercatat 34.931 jiwa yang tersebar di 238 titik di 7 kabupaten yang berbeda. Jumlah pegungsi diperkirakan terus meningkat. Jika terjadi erupsi, penduduk yang terdampak diperkirakan mencapai 70 ribu jiwa. Rekomendasi PVMBG terkait status Awas Gunung Agung berupa pelarangan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya dalam radius 9 km dari Kawah Puncak Gunung Agung dan ditambah perluasan setoral ke arah Utara – Timur Laut dan Tenggara Selatan-Barat Daya sejauh 12 km. (NAY)

Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 54.224.187.45
: Indonesia