Sejarah

Cikal bakal B/BTKLPP termasuk BBTKLPP Surabaya telah ada semenjak zaman Belanda. Pada tahun 1920 Dienst voor de volks Gezondheid atau Dinas Layanan Kesehatan Masyarakat mendirikan Profestation voor Rivier Water Zuivering voor Drinkwater di Manggarai Jakarta yang bertugas melakukanpenyelidikan lapangan, pengolahan-pengolahan, pencarian jenis-jenis sumber air, dan rancangan konstruksi guna menunjang penyediaan air minum dan pengawasan kualitas air minum dan minuman.

  • Setelah Indonesia merdeka, berubah nama menjadi Laboratorium Kesehatan Teknik (LKT) dan dipindah ke Yogyakarta sebagai ibukota negara saat itu.
  • Pada Tahun 1953, LKT  berubah nama menjadi Lembaga Ilmu Kesehatan Teknik Bandung Cabang Yogyakarta.
  • Tahun 1967 : Lembaga Ilmu Kesehatan Teknik Bandung Cabang Yogyakarta menjadi Laboratorium Kesehatan Teknik di Yogyakarta yang berada di bawah koordinasi Biro Umum Bagian Teknik Umum dan Teknik Penyehatan Departemen Kesehatan RI.
  • Tahun 1978 : Laboratorium kesehatan Teknik menjadi Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) dengan Surat keputusan Menteri Kesehatan RI No. 143/Men.Kes/SK/IV/78, berada di bawah Direktorat Jenderal Pelayanan Medik Depkes RI.
  • Tahun 1983 dibentuk BTKL Pos Surabaya yang masih menjadi bagian BTKL Yogyakarta. Pada periode ini juga digagas pembentukan BTKL di 7 wilayah regional lain oleh Ir. Srijanto (Kepala Subdit Elektro Medik, Direktorat Instalasi Kesehatan, Dirjen Yankes Depkes RI dan Kepala BTKL Yogyakarta 1980 – 1985).
  • Tahun 1989 : Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dipindahkan di bawah Direktorat Jenderal PPM dan PLP Depkes RI sesuai dengan surat menkes No. 426/Menkes/SK/VI/89 tanggal 23 Juni 1989
  • Tahun 1993 : BTKL Pos Surabaya berubah nama menjadi BTKL Surabaya
  • Pada Tahun 1999 BTKL berada di 10 wilayah regional di seluruh Indonesia, yaitu Medan, Batam, Palembang, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Banjarbaru, Makassar, Manado, dan Ambon.
  •  Tahun 2004 BTKL Surabaya berubah nama menjadi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pemberantasan Penyakit Menular (BBTKLPPM)
  • Tahun 2012 - sekarang : Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Menular (BBTKLPPM) berubah nomenklatur menjadi Balai Besar Teknik Kesehatan lingkungan dan Pengendalian penyakit berdasarkan Permenkes RI Nomor 2349/PER/MENKES/XI/2011 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Bidang Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit.
Informasi Pengunjung
IP Address
Location
: 54.162.164.247
: Indonesia